Kapolres Cianjur : Kami Analisa Lebih Lanjut Terkait Laka Lantas di Jalur Gekbrong

Polres Cianjur Polda Jawa Barat – Terkait Kecelakaan Lalu Lintas truk bermuatan terigu yang terjadi di Gekbrong Kabupaten Cianjur pada hari Minggu kemarin, Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan, pihaknya akan memastikan dengan hasil Analisa menggunakan alat Traffic Accident Analysis yang untuk memastikan penyebab kecelakaan nya secara spesifik.

“Untuk sementara kami menduga faktor penyebab kecelakaan diantaranya faktor manusia, apakah ada unsur kelalaian dari pengemudi, kemudian faktor kendaraan truk tersebut apakah fungsi rem nya berjalan dengan baik dan yang ketiga faktor jalan yang dilintasi karena kemiringannya diatas 10 derajat yang mempengaruhi kecepatan kendaraan saat kondisi jalan menurun” Ucap Kapolres Cianjur pada Senin (15/08/2022).

Kapolres Cianjur menambahkan, Untuk korban kecelakaan sebanyak 11 orang, 6 meninggal dunia, 2 luka berat dan 3 luka ringan. Untuk saksi, pihaknya juga memintai keterangan dari kernet/penumpang truk yang menjadi penyebab kecelakaan.

“Penumpang truk fuso yang kami mintai keterangan menjelaskan, mulai dari perjalanan sudah ada gangguan fungsi rem, tapi kami juga akan pastikan bukan hanya keterangan saksi saja tapi akan kami perkuat dengan hasil analisa dan olah TKP.” ujar Kapolres Cianjur.

Lebih lanjut lagi, pihaknya bersama dengan dinas terkait akan mengevaluasi adanya penambahan jalur penyelamat, karena jalan tersebut dinilai cukup berbahaya terutama dari Sukabumi menuju Cianjur karena kontur jalan yang menurun dan cukup panjang serta ada beberapa titik yang berpotensi kecelakaan, kejadian laka lantas kemarin terjadi setelah melewati jalur evakuasi.

Kapolres Cianjur juga meminta kepada para pelaku usaha maupun perusahaan pemilik truk untuk tidak memaksakan kendaraan untuk mengangkut beban berlebih serta melakukan pengecekan kondisi kendaraan supaya tetap optimal agar tidak terulang kembali kejadian yang sama yang mengakibatkan kecelakaan dan korban meninggal dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *